Jumat, 23 Maret 2012


Tips Menuju Sukses

Kata sukses adalah idaman semua orang. sukses dalam bentuk dan bidang apapun.sukses berkarir, sukses berumah tangga, sukses mendidik anak, sukses dalam bisnis, dll. ukuran sukses antara satu dengan yang lain bisa berbeda, tergantung konsep masing-masing orang.
Sukses tidak berarti harus ‘wah’. tapi yang dimaksud sukses disini berarti seseorang mampu mencapai sesuatu atau achievement. mampu mengerjakan tugas guru, mendapat nilai A, mendapat teman yang baik, mampu membuat kue yang disukai orang, semua contoh di atas adalah juga dinamakan.

Beberapa ahli mengartikan sukses dengan melihat kepanjangan dari huruf-hurufnya.sukses yang diambil dari Bahasa Inggris yakni sucsess, adalah kepanjangan dari :
1. S – Select a dream = pilihlah sebuah mimpi
2. U – Use your dream to set a goal = menggunakan mimpi untuk membuat sasaran
3. C – Creat a plan = membuat rencana
4. C – Consider resources = mempertahankan sumber daya
5. E – Enchance skills and abilities = memperkuat ketrampilan dan kemampuan
6. S – Spend time wisely = memakai waktu dengan bijak
7. S – Start ! Get organized and go = mulai dan laksanakan

Stephen R. Covey ahli pengembangan diri menyebutkan ada 7 kebiasaan efektif untuk menjemput sukses. kebiasaan adalah hasil dari proses pembelajaran, sehingga menjadi perilaku yang dilakukan berulang kali.
berikut 7 kebiasaan efektif yang membuka jalan ke arah sukses.
1. Jadilah proaktif.
2. Mulai sesuatu dengan melihat pada hasil akhir.
3. Mendahulukan yang utama (prioritas)
4. Berpikir solusi sama-sama menang ( win win solution)
5. Berusaha mengerti dahulu, baru dimengerti
6. Mewujudkan sinergi
7. Mengasah gergaji.
gimana sudah paham ke tujuh kebiasaan di atas? kalau masih bingung insyaAllah pada postingan berikutnya akan saya jelaskan satu-persatu.
mudah-mudahan bermanfaat bagi anda.
salam sukses dunia akhirat.

Ke tujuh kebiasaan untuk menuju sukses  adalah :
1.Jadilah proaktif
Ini merupakan visi pribadi, kita mencoba memulai sesuatu dan bertanggung jawab atas sikap tersebut. Jadi jika sudah merencanakan sesuatu maka kita harus berusaha mencari cara supaya rencana berhasil.cara ini tidak berhasil, cari cara yang lain. Jangan hanya diam tanpa usaha.

2.Mulai sesuatu dengan melihat pada hasil akhir.
Yang ini merupakan prinsip kepemimpinan pribadi, membiasakan selalu memiliki arah dan tujuan yang ingin dicapai. Kebiasaan ini sekaligus mampu memimpin diri sendiri.

3.Mendahulukan yang utama (orioritas).
Ini merupakan prinsip managemen pribadi yang mampu membuat seseorang menjadi efektif dalam pengaturan dan penjadwalan dirinya.

4.Berpikir solusi sama-sama menang ( win win solution).
Ini adalah prinsip kepemimpinan antarpribadi, untuk mencapai tujuan lewat kerja sama, bukan saling mematahkan.

5.Berusaha mengerti dahulu baru dimengerti.
Yang satu ini prinsip komunikasi empatik yang merupakan kebiasaan mutlak yang dibutuhkan dalam berkomunikasi. Juga merupakan kunci bagi hubungan sama-sama menang dan mampu menjadikan sebuah pribadi yang tidak egosentris.

6.Mewujudkan sinergi.
Prinsip kerja sama kratif ini akan menimbulkan kebiasaan bekerjasama secara kreatif, menghargai 
perbedaan yang ada untuk mendapatkan alternatif yang terbaik.

7.Mengasah gergaji.
Ini adalah prinsip pembaruan diri yang seimbang, sehingga tidak terjurumus dalam rutinitas. Setelah mengetahui cara kerja cobalah utuk mempelajari tugas baru. Kebiasaan ini bisa menguntungkan empat hal sekaligus, yaitu fisik, spiritual, mental, dan sosial/emosional.
Mari kita jalankan konsep dan kebiasaan di atas karena merupakan gerbang menuju sukses

Tips Menjadi Agen Sukses

saya pernah menulis tips menuju sukses dalam berkarir. kali ini saya akan menulis tentang tips menjadi agen sukses. tips ini saya dapatkan tadi pagi ketika mengikuti pelatihan motivasi di kantor Takaful cabang Cirebon. dalam pelatihan tersebut trainer bapak Thoyyib membahas beberapa tips agar menjadi agen yang sukses.

1. Niat ikhlas
tanpa didasari niat yang ikhlas maka pekerjaan kita akan sia-sia. niat disini maksudnya bahwa menjadi agen jangan hanya sebatas mengejar materi dunia tapi lebih dari itu, yaitu mengharap ridho Allah. dengan didasari niat ibadah maka pekerjaan
kita akan lebih semangat lagi.

2. Berkumpul dan sharing dengan orang-orang sukses.
bagaiman kita akan sukses kalau kita bergaul dengan orang-orang gagal. apa yang kita dapatkan dari orang gagal? pesimis, menangis, meratap, menyesal, kapok, mengemis, takut gagal lagi, dll. tapi tidak dengan jika kita bergaul dengan orang sukses. lambat laun kita juga akan mendapatkan berkah. mulai dari ilmu bagaimana dia bisa sukses, kiat-kiat menuju sukses, penuh optimis, dan ilmu-ilmu lain.

3. Bermimpi besar
David J Achwatrz berkata : “bermimpilah besar maka anda akan mendapatkan hasil yang besar, bermimpilah kecil maka anda akan mendapatkan yang kecil”. keberhasilan berawal dari sebuah mimpi. dengan mimpi orang akan berusaha meraih impian tersebut. bagaimana kita akan mendapatkan sesuatu, la wong mimpi aja tidak.
kemudian agar mimpi kita selalu kita lihat, cobalah mengvisualisasikan mimpi anda. maksudnya tulis mimpi anda dan tempelkan di tempat yang setiap hari dapat anda lihat. lebih bagus lagi jika ada gambarnya.
contoh : anda ingin punya rumah, tempellah gambar rumah, begitu juga mobil, uang, haji, naik pesawat, membangun yayasan sosial dll.

4. Membaca buku tentang agen yang sukses.
membaca buku akan menambah wawasan dan ilmu pengetahun disamping membaca biografi orang yang sukses. berkaitan dengan agen, anda bisa membaca buku ” pintar assuransi” karya Inggrit Tane yang membahas bagaimana menghadapi calon nasabah dan kiat jitu meyakinkan calon nasabah.

5. berdo’a
jangan remehkan yang satu ini sebab do’a adalah senjata bagi seorang mu’min. dan tidak ada yang mengabulkan permohonan kita selain Allah. jadi tanpa kehendak Allah apapun usaha kita maka tidak akan berhasil.

SELAMAT MENCOBA…………

Tidak ada komentar:

Posting Komentar